Monday, November 24, 2008

Sang Penakluk Api ; Customer Service


Baris berbaris gagah berani
Tak takut mati menantang api
Owoo.. oh sang penakluk api
Owoo.. oh sang penakluk api

Lirik Lagu Sang Penakluk Api (OST Si Jago Merah) - The Changcuters

Sore itu si Vira operatornya My-pulsa tampah lusut, diguyoni gank operator g ngreken bahkan tumpukan ote-ote ma klepon g mempan. ehh… tiba-tiba matanya berkaca-kaca sssttttt…… kantor senyap…. Ada apakah gerangan?
Kejutekan si Vira ini tidak tanpa sebab, sejam yang lalu ada seorang agen komplain bonus yang diterima g sesuai dengan ketentuan My-Pulsa. Sudah tentu si Agen marah g ketulungan ‘ Saya itu mbak sudah capek-capek cari downline, udah habis bensin banyak tuhc muter-muter kampung, gang, naik turun gunung sampai semua keluarga besar saya, istri saya, keluarganya tetangga saya semua, coba bayangin mbak gimana saya g jengkel, apa ini kok bonus saya cuman 5000 wahh… hariii gini 5000 cuman bisa dibelikan cilok didepan SD anak saya, mbak !!!’ si Vira mesem-mesem denger komplain yang g penting kayak gini.
‘Eh mbak kok diem saya ini agen lo mbak’ iya siapa bilang situ bukan agen batin si Vira. Sambil mendengarkan ceramah si Agen yang terhormat, tangan si Vira yang terampil membuka local engine dan mengecek bonus si Agen… nah looo…. Ya pantesan bonusnya cuman 5000 wong downline aktivenya cuman 2 itupun transaksinya cuman 10-an biji perhari hmmm… Pak Bos agen ini gimana…. Batin si Vira sambil nyomot kripik singkong bikinan mbak Jupe Toko Online.

Akhirnya si Vira menjelaskan kepada Agen tersebut dan agar lebih manteb dia memberikan alamat web reporting My-Pulsa. Liaten tuhc pak transaksimu… hehe tentu aja hanya dalam hati.

Eh,,,, 30 menit kemudian si agen komplain lagi. Nggemesinnya si agen langsung nembak HP sang pimpinan, tentu aja dengan sedikit tambahan kanan kiri atas bawah biar komplainnya tambah jos. Katanya penjelasan csnya g sipp, g memuaskan, membingungkan. Tentu saja si Bos segera menanyakan kejelasan kasus si Agen duhh… si Agen njawab gini’ tolong ya Pak.. tanyakan sama cs Bapak. Saya udah capek begini terus. My-Pulsa g mengungtungkan buat saya” Nah… giliran si Bos konfirmasi (baca ;marah) hehehe ke Vira. Celakanya waktu di telp si Vira tambah pup di toilet. Lahhh……. Sore itu berakhir dengan linangan air mata si cs yang budiman, baik hati dan tidak sombong itu.

Itulah sekelumit cerita manis cs tersayang kita. Sang penakluk Api tak jarang menjadi target kemarahan Agen bahkan pimpinannya juga. Sebagai frontliner tentu saja tidak semua orang sanggup dan mampu ditempatkan diposisi ini. Butuh ketrampilan khusus agar pelanggan puas dan tidak pindah kelain hati. Sudah tugas kita memanaje tugas dan wewenang customer service agar tidak berbenturan dengan jobdisk bagian (divisi) yang lain.

PT My Pulsa Indonesia (MPI) mempunyai aturan tersendiri mengenai customer service yakni:

Tugas dan Tanggung Jawab:
1. Menjawab dan menyelesaikan SMS Info, Telp dan Yahoo Massanger
2. Validasi deposit via Bank
3. Mencatat deposit bermasalah yang ada di bank (tanpa No tiket, No tiket tidak cocok)
4. Print laporan bank pada tanggal sebelumnya
5. Mendaftarkan Agen
6. Melaksanakan Sistem Menagement Mutu yang telah ditetapkan
7. Mematuhi dan melaksanakan tugas kerja yang diperintahkan atasan dengan baik

Wewenang
1. Melakukan refund transaksi gagal
2. Menjawab keluhan pelanggan

Nahh….. jobdisk diatas bisa dijadikan referensi agar si CS Anda tidak ada tumpang tindih dan lebih optimal menjalankan tugasnya. Tentunya bisa disesuaikan dengan konsep strategi dan seni bisnis Anda. Selamat berkarya.

Bagi klien IMS yang menginginkan softcopi lengkap ttg Customer Service (prosedur, IK dan Form) sebagai referensi silahkan daftar ke email kami di marketing_ims@yahoo.co.id atau hub marketing kami via YM adm06_it dan marketing_ims.

0 comments:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template